Pengertian Musyawarah Gugus Depan

Baca Juga

Mugus kepanjangan dari Musyawarah Gugus Depan, adalah sebuah pemegang kekuasaan tertinggi disetiap Gugus Depan Gerakan Pramuka.
Ketentuan Dalam Musyawarah Gugus Depan
  1. Musyawarah Gugus Depan diadakan setiap 3 tahun sekali.
  2. Diantara dua waktu Mugus jika ada hal-hal yang bersifat mendesak dan luar biasa dapat diadakan Mugus Luar Biasa.
  3. Mugus dan Mugus Luar Biasa dinyatakan sah jika dihadiri oleh sekurang-kurangnya dua pertiga dari jumlah utusan.
  4. Yang berhak hadir dalam Mugus terdiri atas:
    1. Ketua Gudep.
    2. Para Pembina Satuan.
    3. Para Pembantu Pembina Satuan.
    4. Perwakilan Majelis Pembimbing Gudep.
    5. Perwakilan Dewan Penegak.
    6. Perwakilan Dewan Pandega.
  5. Pada Mugus dan Mugus Luar Biasa setiap peserta yang hadir berhak satu suara.
  6. Penyampaian usul dan materi Mugus dan Mugus Luar Biasa:Materi atau bahan tertulis Mugus disiapkan oleh Ketua Gudep selambat lambatnya 2 (dua) minggu sebelum waktu pelaksanaan Mugus dan disampaikan kepada semua peserta yang berhak hadir dalam Mugus.
  7. Keputusan Mugus dan Mugus Luar Biasa tidak boleh bertentangan dengan AD dan ART Gerakan Pramuka, Keputusan Munas, Musda, Mucab, Musran, dan Keputusan Kwarnas, Kwarda, Kwarcab dan Kwarran.
  8. Pimpinan Mugus adalah Presidium yang dipilih oleh Mugus yang jumlahnya gasal.
  9. Sampai dengan serah terima jabatan Ketua Gudep, Ketua Gudep lama berstatus demisioner Persiapan Mugus

Langkah-langkah persiapan Mugus adalah sebagai berikut: 
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban Gudep sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Menyampaikan bahan tertulis Mugus termasuk visi dan misi Gudep yang akan dicapai selama 3 tahun.
  • Menyusun rencana kerja untuk mencapai visi dan misi.
  • Menyampaikan nama-nama calon yang akan ikut dalam pemilihan Ketua Gudep.
  • Menghimpun usul-usul dan saran dari peserta Acara Mugus 

Acara Pokok Mugus adalah:
  1. Laporan pertanggungjawaban Ketua Gudep selama masa baktinya, termasuk pertanggungjawaban keuangan.
  2. Menetapkan rencana kerja gudep termasuk visi dan misi untuk masa bakti berikutnya.
  3. Memilih Ketua Gudep untuk masa bakti berikutnya. 
  4. Pelantikan Ketua Gudep terpilih oleh Ketua Presidium Mugus.

Acara laporan pertanggungjawaban Gudep termasuk laporan pertanggungjawaban keuangan harus diselesaikan sebelum acara yang lain.
Laporan pertanggungjawaban keuangan Gudep selama masa baktinya 
yang dibuat oleh Ketua Gudep dengan bantuan seorang ahli administrasi 
keuangan, sebelum diajukan pada Mugus diteliti dan disyahkan oleh 
Badan Pemeriksa Keuangan Gudep (BPKG).
Previous
Next Post »