Cara Membuat Laporan Kegiatan

Baca Juga

Pengertian Laporan Kegiatan
Laporan kegiatan adalah suatu ikhtisar tentang hal ikhwal pelaksana suatu kegiatan,  yang  harus  disampaikan  oleh  pembina  kepada  pihak yang memberi tugas sebagai pertanggungjawaban.

Pentingnya Laporan Kegiatan
Laporan kegiatan merupakan alat yang penting untuk :
  1. Dasar penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan.
  2. Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya.
  3. Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan.
  4. Data sejarah perkembangan satuan yang bersangkutan dan lain-lain.
Macam Laporan Kegiatan

  1. Ditinjau dari cara penyampaian, terdapat :
    1. Laporan  lisan,  disampaikan  secara  lesan,  biasanya  dilakukan hal-hal  yang  perlu  segera disampaikan  laporan  lisan  dapat dengan  tatap  muka,  lewat  telepon  ,  wawancara dan sebagainya.
    2. Laporan tertulis, disampaikan secara lengkap dalam bentuk tulisan.
  2. Ditinjau dari bahasa yang digunakan, terdapat :
    1. Laporan yang ditulis secara populer, yang menggunakan kata-kata sederhana, kadang-kadang diselingi dengan kalimat humor / lucu.
    2. Laporan yang ditulis secara ilmiah, sebagai hasil peneliti. Biasanya isinya singkat tetapi padat dan sistimatis serta logis.
  3. Ditinjau dari isinya, dapat dibedakan :
    1. Laporan kegiatan, misalnya pelaksanaan perkemahan, pelaksanaan ujian SKU, SKK, Pramuka Garuda.
    2. Laporan perjalanan, misalnya laporan wisata, pengembaraan, penjelejahan dan sebagainya.
    3. Laporan keuangan, menyangkut masalah penerimaan dan penggunaan uang. 

Sistimatika Laporan
Hendaknya  laporan  lengkap,  dapat  menjawab  semua pertanyaan mengenai : apa ( what ), mengapa ( why ), siapa ( Who ), dimana ( where ), kapan ( when ), bagaimana ( how ).Urutan  isi  laporan  sebaiknya  diatur, sehingga penerima  laporan  dapat  mudah  memahami. Urutan  isi laporan antara lain sebagai berikut :
  1. PendahuluanPada pendahuluan disebutkan tentang :
    1. Latar belakang kegiatan.
    2. Dasar hukum kegiatan.
    3. Apa maksud dan tujuan kegiatan.
    4. Ruang lingkup isi laporan.
  2. Isi LaporanPada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
    1. Jenis kegiatan.
    2. Tempat dan waktu kegiatan.
    3. Petugas kegiatan.
    4. Persiapan dan rencana kegiatan.
    5. Peserta kegiatan.
    6. Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
    7. Kesulitan dan hambatan.
    8. Hasil kegiatan.
    9. Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
  3. Penutup Pada  kegiatan  ini  ditulis  ucapan  terima  kasih  kepada  yang  telah membantu  penyelenggaraan kegiatan  itu,  dan  permintaan  maaf  bila ada  kekurangan-kekurangan.  Juga  dengan  maksud  apa laporan itu dibuat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan
Laporan diusahakan agar :
  1. Singkat dan padat.
  2. Runtut atau sistimatis.
  3. Mudah dipahami isinya.
  4. Isinya lengkap.
  5. Menarik penyajiannya.
  6. Berpegangan pada fakta, data dan persoalannya.
  7. Tepat pada waktunya.

Lain � lain. 
  1. Dalam  laporan  dapat  dilampirkan  :  photo-photo  kegiatan,  tanda bukti,  surat-surat  keterangan  dan sebagainya ( copy )
  2. Untuk  mempermudah  penyusunan  laporan  sebaiknya  tetap  mengacu pada  proposal  yang  pernah diajukan.
  3. Memberikan Laporan kegiatan dengan tembusan kepada satuan/ lembaga yang terkait. ( Mabi, Kwartir, Sponsor dll )
Itulah beberapa teknik dalam membuat atau menyusun sebuah laporan dalam kegiatan pramuka. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »